Bappeda Gelar Forum Gabungan Perangkat Daerah Sempurnakan RKPD Tahun 2025

Forum Gabungan Perangkat Daerah di Kantor Bappeda Sarolangun

SAROLANGUN– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Forum Gabungan Perangkat Daerah (FPD) di Ruang Aula Kantor Bappeda pada Selasa (20/2/24).

Acara yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Instansi Pemerintahan Daerah itu, merupakan rangkaian tahapan perencanaan dari forum sebelumnya yakni musrenbang dan forum konsultasi publik beberapa waktu lalu. Bappeda dalam hal ini guna merumuskan usulan program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi yang akan direalisasikan OPD pada tahun anggaran 2025 mendatang.

”Dalam forum ini kita akan menyelaraskan rancangan awal RKPD untuk menjadi dasar penyempurnaan RKPD tahun 2025, sekaligus optimalisasi perencanaan program untuk masing-masing Perangkat Daerah,” ungkap Kepala Bappeda Sarolangun, Maria Susanti.

Dikatakan Maria, FGPD ini juga merupakan rangkaian kerja pemerintah daerah sebagai bahan untuk analisis usulan dan target kinerja masing-masing OPD. Selain itu, pada kegiatan lainnya, kegiatan Reses DPRD yang tertuang ke dalam Pokir DPRD juga akan diselaraskan terhadap usulan program dan kegiatan hasil musrenbang tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan bersama-sama beberapa waktu yang lalu.

“Harapannya kegiatan Forum Gabungan Perangkat Daerah ini akan selesai diselenggarakan mulai dari tanggal 27 Februari sampai dengan 7 Maret 2024, dengan harapan segera mendapat klarifikasi dari perangkat daerah,” ujarnya.

Sementara, Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri dalam arahannya mengatakan, FGPD ini diharapkan dapat merumuskan usulan program kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing OPD.

”Usulan-usulan dari masing-masing perangkat daerah tersebut juga harus disesuai dengan arah kebijakan provinsi dan nasional,” katanya.

Ditambahkannya, usulan dari masing-masing OPD ini selanjutnya akan digunakan sebagai bahan untuk penyempurnaan Rencana Kerja(Renja) dan Rancangan Awal Kerja Perangkat Daerah (RAKPD) Tahun 2025 menjadi Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

”Forum ini juga sebagai bahan klarifikasi dari usulan-usulan dalam musrenbang tingkat desa dan kecamatan. Yang mana Bappeda akan mengkoordinasikannya sekaligus menseleksi program apa saja yang benar-benar menjadi prioritas,” kata Bachril Bakri menambahkan.

Tampak hadir di acara tersebut, Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, Plt Kepala Bappeda, Maria Susanti, para staf ahli bupati, para asisten, kepala OPD dan camat di lingkup Pemkab Sarolangun.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *